Sabtu, 01 Oktober 2011

Pembelajaran Metode NHT

a.       Pengertian Pembelajaran Metode NHT
Numbered Heads Together merupakan tipe dari model pengajaran kooperatif pendekatan struktural, adalah suatu pendekatan yang dikembangkan oleh Spancer Kagen (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut, (Ibrahim dkk, 2000:28). Menurut Anita Lie (2002:59) pengertian Numbered Heads Together (NHT) atau kepala bernomor adalah suatu tipe dari pengajaran kooperatif pendekatan struktural yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide -ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu Numbered Heads Together juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka. Model ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan peserta didik. Satu aspek penting dalam pengajaran kooperatif adalah bahwa di samping pengajaran kooperatif membantu mengembangkan tingkah laku kooperatif dan hubungan yang lebih baik diantara siswa, pengajaran kooperatif secara bersamaan membantu siswa dalam pengajaran akademis mereka.
Slavin dalam penelitiannya mengemukakan “bahwa hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tehnik - tehnik pengajaran kooperatif lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar“, (Ibrahim dkk, 2000:16). Sehingga model pengajaran kooperatif sangat baik digunakan untuk siswa yang berkemampuan rendah, sedang, maupun tinggi.
Peranan metode Numbered Heads Together dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:[1]
1)        Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas
2)        Menempatkan siswa secara heterogen dalam kelompok-kelompok kecil
3)        Menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa, baik tugas individu maupun kelompok
4)        Memantau kerja kelompok
5)        Mengevaluasi hasil belajar

b.      Langkah-langkah Pembelajaran NHT
Menurut Ibrahim dkk (2002:28), untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengajaran Numbered Heads Together guru menggunakan empat langkah, empat langkah tersebut adalah sebagai berikut :
1)      Penomoran
Guru membagi siswa ke dalam kelompok dengan jumlah anggota 4 sampai 5 siswa dan kepada setiap anggota kelompok tersebut, diberi nomor antara  4 sampai dengan 5.
2)      Mengajukan pertanyaan
Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa, pertanyaan tersebut dapat bervariasi atau spesifik.
3)        Berfikir bersamaan
Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan setiap anggota dalam kelompoknya mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut.
4)      Menjawab
Guru memanggil siswa dengan nomor tertentu, kemudian siswa yang merasa nomornya dipanggil mengacungkan jari dan mencoba menjawab pertanyaan tersebut untuk seluruh kelas.

c.       Kelebihan dan Kekurangan Metode NHT
Adapun kelebihan-kelebihan metode NHT adalah :
1)        Memberi Motivasi
Menurut Woodworth dan Marques (2000) motivasi adalah suatu tujuan jiwa yang mendorong individu untuk aktivitas-aktivitas tertentu dan tujuan-tujuan tertentu terhadap situasi disekitarnya. Segala sesuatu yang baru dan segala perubahan dapat menumbuhkan motivasi. Begitu juga dengan metode NHT, dengan pemberian nomor merupakan hal baru bagi siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar.
2)        Menambah rasa percaya diri
Metode NHT juga dapat menambah rasa percaya diri siswa, karena dalam metode ini ada pemanggilan nomor dalam menjawab hasil diskusi. Sehingga dalam diri siswa timbul rasa percaya diri mereka.
3)        Siswa aktif
Metode NHT akan menambah keaktifan siswa dalam belajar, karena siswa boleh memberikan pendapat dan menukar pendapat, sehingga siswa aktif dalam belajar.
Adapun kelemahan-kelemahan metode NHT adalah:
1)      Waktu ruang
Belajar dengan menggunakan metode NHT memerlukan waktu yang agak panjang, supaya siswa lebih memahami materinya.
2)      Membuat panik siswa
Di samping membuat percaya diri, metode NHT juga dapat membuat grogi atau panik siswa, karena dalam metode ini bagi nomor yang dipanggil harus menjawab dan mereka panik pada pemanggilan nomor.
3)      Membuat repot guru
Metode NHT merupakan metode diskusi kelompok yang menggunakan nomor, sehingga sebelum pembelajaran dimulai guru harus mempersiapkan nomor, hal ini dapat membuat guru agak repot.


[1] Anita Lie, Mempraktikan Cooperative Learning Diruang-ruang Kelas, (Jakarta. Grasindo, 2000), h.59

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar