Kamis, 02 Juni 2011

Macam - macam yakin

Yakin itu ada tiga macam :

Pertama, 'Ilmul yakin yaitu yakinnya itu karena tahu dari orang lain.
misalkan bapak saya pulang kerja melewati pasar bekasi, ternyata pasar tersebut kebakaran sehingga menyebabkan jalanan menjadi macet, dan ketika sampai rumah bapak  memberitahu kabar ini kepada saya dan saya yakin dengan kabar berita tersebut.

Kedua, 'ainul yakin yaitu yakin karena langsung melihat kejadian tersebut.
misalkan: berita kebakaran di pasar bekasi itu dari bapak dan saya penasaran ingin melihat kejadian itu, saya langsung menuju pasar bekasi untuk melihat langsung kejadian kebakaran tersebut.

Ketiga, haqqul yakin yaitu yakin karena kita berada langsung dalam kejadian tersebut.
misalkan: saya mempunyai kios di pasar bekasi tiba-tiba kios yang berada di sebelah kios saya terbakar dan merambat ke kios saya, saya berada dikejadian tersebut dan saya melihat dan berada langsung di kejadian itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar