Sabtu, 01 Oktober 2011

SUHU


Suhu adalah besaran termodinamika yang menunjukkan besarnya energi kinetik translasi rata-rata molekul dalam sistem gas ; suhu diukur dengan menggunakan termometer (kamus kimia : balai putaka : 2002).
Suhu menunjukkan derajat panas benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat berupa getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.
Suhu biasanya didefinisikan sebagai ukuran atau derajat panas dinginnya suatu benda atau sistem. Benda yang panas memiliki suhu yang tinggi, sedangkan benda yang dingin memiliki suhu yang rendah. Pada hakikatnya, suhu adalah ukuran energi kinetik rata-rata yang dimiliki oleh molekul-molekul sebuah benda.
Sebagai contoh, ketika kita memanaskan sebuah besi atau alumunium maka akan terjadi proses pemuaian pada besi tersebut. Ketika kita mendinginkan air sampai pada suhu dibawah nol derajat maka air tersebut akan membeku. Sifat-sifat benda yang bisa berubah akibat adanya perubahan suhu disebut sifat termometrik. Dengan demikian, perubahan suhu sifat termometrik menunjukkan adanya perubahan suatu benda.
Berdasarkan sifat termometrik inilah sehingga sebuah termometer dibuat. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu dari sebuah benda. Ada beberapa jenis termometer yang dibuat berdasarkan pada beberapa sifat termometrik zat seperti pemuaian zat padat, pemuaian zat cair, pemuaian gas, tekanan zat cair, tekanan udara, regangan zat padat, hambatan zat terhadap arus listrik, dan intensitas cahaya.
Terdapat tiga macam skala yang biasa digunakan dalam pengukuran suhu, yaitu skala Celcius, skala Fahrenheit, dan skala Kelvin. Skala Fahrenheit didasarkan pada titik beku 320F dan titik didih 2120F. Skala Celcius didasarkan pada titik beku 00C dan titik didih 1000C. Skala Kelvin berbeda dengan dua skala yang lainnya, skala ini didasarkan pada suhu terendah yaitu -2730C, skala Kelvin disebut juga skala suhu mutlak (absolut) atau skala termodinamik. Satuan Kelvin inilah yang digunakan sebagai satuan SI untuk suhu.
Disamping tiga skala suhu diatas, ada skala lain yang masih juga digunakan, yaitu skala Reamur (0R). Pada skala ini air membeku pada suhu 00R dan didih pada suhu 800R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar